1. MENENTUKAN
PELUANG USAHA
Menemukan Peluang
Usaha Peluang usaha bersumber dari
adanya kebutuhan dari individu atau masyarakat. Oleh karena itu jika ingin
mulai mewujudkan berwirausaha, hendaknya terlebih dahulu menjawab pertanyaan”
“Apakah yang menjadi kebutuhan masyarakat atau kebanyakan anggota masyarakat
saat ini atau di masa yang akan datang?”. Untuk memahami kebutuhan masyarakat
diperlukan suatu diagnosa terhadap lingkungan usaha secara keseluruhan, yang
meliputi faktor ekonomi, politik, pasar, persaingan, pemasok, teknologi, sosial
dan geografi. Lingkungan usaha senantiasa berubah setiap saat, bahkan
perubahannya cukup pesat dan seiring dengan itu terjadi pula perubahan
kebutuhan masyarakat. Untuk menemukan peluang usaha yang prospektif seharusnya
kita sebagai wirausahawan senantiasa mencari informasi yang terkait dengan
perubahan lingkungan dan kebutuhan masyarakat. Sumber informasi dapat diperoleh
dari instansi/lembaga pemerintah, media massa, pasar atau mungkin melalui
wawancara dengan konsumen. Jadi, peluang senantiasa ada karena perubahan-perubahan
terus berlangsung baik di tingkat individu, maupun ditingkat masyarakat.
Kemampuan kita melihat peluang sangat tergantung dari informasi yang kita
peroleh tentang faktor lingkungan usaha.
Berangkat dari pertanyaan di atas dengan memanfaatkan
potensi diri kita, maka dalam menemukan peluang usaha yang cocok, kita dapat
menggunakan dua pendekatan, yaitu:
1. Pendekatan
in-side-out (dari dalam ke luar) bahwa keberhasilan akan dapat diraih dengan
memenuhi kebutuhan yang ada saat ini.
2. Pendekatan
out-side-in (dari luar ke dalam) bahwa keberhasilan akan dapat diraih dengan
menciptakan kebutuhan.
Memilih Lapangan Usaha dan Mengembangkan Gagasan
Usaha.
Setelah mengetahui kebutuhan masyarakat
dan berhasil menemukan berbagai lapangan usaha dan gagasan usaha, maka langkah
berikutnya adalah menjawab pertanyaan: “Manakah di antara lapangan usaha dan
gagasan-gagasan usaha tersebut yang paling tepat dan cocok untuk saya?”
Pertanyaan ini sangat tepat, mengingat setiap orang memiliki potensi diri yang
berbeda-beda. Tentunya dalam memilih lapangan usaha dan mengembangkan gagasan
usaha, kita perlu menyesuaikan dengan potensi diri yang kita miliki. Kekeliruan
dalam memilih yang disebabkan karena ketidakcocokan atau Ketidaksesuaian pada
akhirnya akan mendatangkan kesulitan atau bahkan kegagalan di kemudian hari.
Telah banyak fakta yang dapat
dikemukakan, bahwa masih banyak wirausahawan yang memulai usahanya dengan
melihat keberhasilan orang lain dalam menjalankan usahanya (latah atau
ikut-ikutan). Pada hal belum tentu orang lain berhasil dalam suatu lapangan
usaha, kita juga dapat berhasil dengan lapangan usaha yang sama. Mungkin saja
orang lain berhasil karena potensi diri yang dimilikinya cocok dengan lapangan
usaha tersebut dan kemampuan dia untuk mengakses informasi terkait dengan usaha
yang dijalankannya. Bisa saja kita mengikuti orang yang telah berhasil dalam
suatu lapangan usaha, namun kita perlu memiliki nilai lebih dari aspek
kualitas yang kita tawarkan kepada konsumen. Namun kemampuan menawarkan aspek
kualitas yang lebih tetap juga terkait dengan potensi diri yang kita miliki.
Olehnya itu, dalam memilih lapangan usaha yang akan
kita geluti, perlu dipertimbangkan hal-hal berikut:
1. Lapangan
usaha yang cocok untuk orang lain belum tentu cocok bagi kita.
2. Lapangan
usaha yang pada masa lalu menguntungkan, belum tentu pada saat ini masih
menguntungkan, atau lapangan usaha yang menguntungkan saat ini belum tentu
menguntungkan di masa yang akan datang.
3. Lapangan
usaha yang berkembang baik di suatu daerah, belum tentu dapat berkembang dengan
baik pula di daerah lain, dan sebaliknya.
4. Berangkat
dari pertimbangan-pertimbangan tersebut, maka dalam memilih lapangan usaha,
kita perlu kembali melihat dan mengkaji kondisi internal kita dan kondisi
eksternal dimana usaha kita jalankan, karena faktor internal dan eksternal ini
akan Modul Pembelajaran Kewirausahaan 56 sangat menentukan kesuksesan kita
dalam menjalankan usaha. Faktor internal yang dimaksud seperti penguasaan
sumberdaya (lahan, bangunan, peralatan dan finansial), penguasaan teknis atau
keterampilan, penguasaan manajemen dan jejaring sosial yang kita miliki.
Sedangkan faktor eksternal seperti peraturan pemerintah, tingkat permintaan dan
penawaran, persaingan, resiko dan prospek ekonomi baik lokal, regional,
nasional maupun global.
Berdasarkan uraian di atas, maka
langkah awal yang perlu kita lakukan adalah menginventarisir berbagai jenis
lapangan usaha dan gagasan produk yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas
hidup manusia. Kehidupan manusia dapat berkualitas ketika semua komponen
kebutuhannya terpenuhi. Komponen dan struktur kualitas kehidupan manusia
digambarkan oleh Suryana (2007) sebagaimana digambarkan pada Tabel berikut ini.
KEBUTUHAN MANUSIA
|
AKTIFITAS
|
INPUT
|
SARANA
|
HASIL CAPALAN
|
FISIK
|
Makan,minum,
olahraga,tidur
|
Makanan, minuman, pakaian, obat-obatan
|
Peralatan makan, olahraga, rumah, gedung
|
Jasmani yang :
- Sehat
- Segar
- Kuat
- Aman
|
MENTAL RASIONAL
|
Belajar, membaca.
Mengopserfasi,
Menulis, meniliti
|
Informasi, pengetahuan, knsep, rumus.
|
Alat-alat audio, Visual, buku, media dan alat tulis
|
Manusia rasional:
-berpengetahuan
-objektif
-netral
-kritis
|
PSIKO-SOSIAL
|
Bergaul, berteman, berorganisasi
|
Isyarat, lambing, bahasa , etika, adatistiadat, norma-norma
|
Alat-alat transportasi
dan
Komunikasi
|
Manusia sosial :
-berstatus
-populer
-matang emosi
|
PSIKO-PERSONAL
|
Menulis diary, memoir, introspeksi, refleksi,afiemasi
|
Imaji, mimpi, bisikan nurani, suara-suara
|
Pena, kertas, ruang
sunyi
|
Manusia berkepribadian,
utuh, muthmainnah
|
SPIRITUAL
|
Meditasi, berdo’a, sholat, puasa, ziaroh.
|
Alam, ilham, hidayah, wahyu,puisi, karya,seni.
|
Mesjid, biara, gereja,
buku/kitab suci,
benda-benda simbolik
|
Manusia :
- Intuitif
- Humanis
- Religus
- Saleh
|
Mungkin dari langkah awal tadi,
kita telah menemukan ratusan atau bahkan ribuan gagasan usaha. Untuk
memperkecil pilihan dalam melakukan analisis berikutnya, maka kitaharus
menyeleksi berbagai jenis gagasan usaha yang telah kita lakukan pada langkah pertama
tadi. Gagasan usaha yang dipilih adalah gagasan yang memiliki prospek secara
ekonomi yang dapat berupa pertimbangan bahwa produk yang dihasilkan merupakan
kebutuhan vital bagi manusia dengan tingkat permintaan dan harga yang relatif
memadai.
Selanjutnya alternatif pilihan
lebih diperkecil lagi dengan memilih beberapa gagasan usaha dengan
mempertimbangkan potensi diri (faktor internal) kita. Hasil akhir dari
langkahlangkah yang telah kita lakukan akan diperoleh beberapa gagasan usaha yang
telah terurutberdasarkan prioritasnya. Agar pilihan kita lebih aman dan dapat
dikuasai dengan baik, maka perlu dilakukan.
Analisis Kembali dengan
mempertimbangkan faktor internal berupa kekuatan dan kelemahan yang kita miliki
jika kita memilih gagasan usaha yang bersangkutan, dan faktoreksternal berupa
peluang dan ancaman yang akan dihadapi jika kita menjatuhkan pilihan pada
gagasan usaha yang bersangkutan. Analisis ini sering dikenal dengan
analisis SWOT. Bukan tidak mungkin, setelah melakukan langkah analisis
ini, kita akan menjatuhkan pilihan pada gagasan usaha yang menjadi prioritas
kedua atau ketiga dari hasil analisis sebelumnya.
2. CARA
MENENTUKAN PELUANG USAHA ATAU IDE BISNIS
Cara untuk menemukan inspirasi
usaha serta peluang usaha.
Saat
terpikir untuk berwirausaha, jadi pertanyaan pertama yang nampak yaitu type
usaha apa yang perlu di buat? Langkah awal ini begitu utama untuk lanjutan
gagasan Kamu, yaitu temukan inspirasi usaha serta atau kesempatan usaha.
Inspirasi usaha ada di sekitaran
kita.
Inspirasi
usaha datang dari analisa yang jeli pada trend pasar serta keperluan customer,
walau ada pula inspirasi usaha yang didapat dengan cara kebetulan. Bila Kamu
tertarik untuk mengawali satu usaha, namun tidak paham apa product atau layanan
yang bakal Kamu jual, jadi Kamu butuh mengeksplorasi beberapa cara untuk
memperoleh inspirasi usaha atau kesempatan usaha.
Langkah temukan kesempatan usaha
1. Tanyakan pada diri Kamu,
ketrampilan apa yang Kamu miliki
Apakah
Kamu mempunyai bakat atau prestasi yang dapat dibuktikan yang dapat jadi basic
dari usaha yang untungkan? Seseorang mahasiswa yang saat ini menggerakkan usaha
toko on-line pertama kalinya memperoleh inspirasi binis saat ia berbarengan
rekannya melalui jejeran distro di sekitaran universitas. Rekannya menyampaikan
: “Mengapa Kamu tak tawarkan layanan pembuatan situs/situs (blog) toko on-line
pada mereka ini? ” Lantas, ia mulai memikirkan, saya cuma dapat bikin
situs/situs (blog) toko on-line simpel, namun tak salah dicoba. Awalannya ia
sukses jual sebagian jenis toko on-line simpel, tetapi seiring berjalannya
waktu inspirasi itu berkembang serta pada akhirnya ia mengambil keputusan
menggerakkan usaha toko on-line sendiri.
Untuk
temukan inspirasi usaha yang layak, tanyakan pada sendiri, ” Apa yang dapat
saya kerjakan, apa kekuatan yang saya punyai serta orang bakal bersedia
membayar product atau layanan saya itu? ”
2. Fikirkan apa yang lagi
ngetrend sekarang ini yang bisa jadi kesempatan usaha.
Bila
Kamu membaca atau melihat berita dengan teratur dengan penuh ketertarikan, jadi
Kamu bakal takjub lihat begitu banyak inspirasi kesempatan usaha yang bisa
diketemukan. Dengan ikuti perubahan berita sembari selalu beraktivitas, Kamu
bisa mengidentifikasi trend pasar, model baru, berita industri – serta terkadang
cuma bebrapa inspirasi baru yang mempunyai peluang usaha. Umpamanya,
memasyarakatnya pemakaian gadget sudah membuat kesempatan usaha baru. Apabila
Kamu barusan beli satu IPAD, Kamu bakal selekasnya memerlukan anti gores serta
sarung Ipad.
3. Buat product atau layanan baru.
Mari
kita fikirkan kondisi 30 th. waktu lalu. Adakah keinginan besar pada software
anti-virus Kamu Internet Service Provider? Tak ada! Beberapa produk itu lahir
dari permasalahan serta keperluan yang perlu dipenuhi. Saat ini, anak-anak muda
Indonesia banyak menekuni didunia usaha IT, seperti bangun aplikasi smartphone.
4. Berikan nilai product yang telah
ada.
Ketidaksamaan
pada kayu mentah serta kayu jadi adalah contoh dari menambahkan nilai product
lewat satu sistem. Terkecuali menambahkan nilai lewat sistem, Kamu dapat juga
memberi service, atau memadukan product dengan product yang lain. Umpamanya
sediakan service delivery selain service pada gerai.
Dari ke
empat contoh terdahulu, terlihat kalau inspirasi usaha bisa diketemukan dengan
gampang. Tetapi temukan inspirasi usaha sekalian jadi kesempatan usaha tidak
selamanya gampang, beberapa didapat melalui penilaian serta analisa yang lebih
cermat.
5. Riset pasar
Pencarian
inspirasi usaha atau kesempatan usaha lewat riset pasar ini begitu utama
dikerjakan untuk type usaha yang memerlukan investasi yang cukup besar.
Apabila
seorang menginginkan buka butik umpamanya, ia tak dan merta bangun usaha tanpa
ada lakukan penelitian pasar. Bila tak, kemungkinan kegagalan bakal makin
besar. Atau seseorang petani di tanah Karo temukan inspirasi usaha berpindah
dari berkebun jeruk jadi strawberry sesudah lakukan penelitian pasar ia tahu
kalau keinginan pasar bakal strawberry cukup besar di kota Medan.
Riset
pasar untuk usaha yang semakin besar mungkin saja lewat sebagian bagian seperti
persiapan, pengumpulan serta pemrosesan data, analisa, serta penarikan
rangkuman. Lihatlah usaha yang telah ada serta product serta layanan yang
mereka menawarkan serta memastikan adakah keperluan untuk kian lebih beberapa
produk atau layanan. Bila ada, meningkatkan bebrapa inspirasi usaha supaya
sesuai sama celah pasar.
Follow Up
Saat
ini, Kamu mungkin saja telah temukan banyak inspirasi untuk mengawali usaha.
Tulislah bebrapa inspirasi itu pada secarik kertas. Biarlah fikiran Kamu
terbuka serta selalu membahas semua suatu hal yang Kamu baca serta dengar dari
pojok pandang kewirausahaan. Kamu mungkin saja tak serta-merta wujudkan
inspirasi kesempatan usaha itu esok harinya, namun sekurang-kurangnya Kamu
telah temukan peta tambang emas untuk Kamu eksplorasi lalu.
3. Inilah
Ide Peluang Usaha di Bidang Digital yang akan Membuat Anda Kaya Raya
Teknologi digital memang tidak akan habis dibahas
dalam satu artikel ini saja. Teknologi digital ini sangat luas cakupannya dan
sangat bermanfaat dalam berbagai bidang kehidupan manusia, untuk membantu
pekerjaan supaya menjadi lebih ringkas. Termasuk dalam bidang bisnis.
Teknologi digital erat kaitannya dengan internet dan
pemanfaatannya yang luas. Bagi Anda yang memiliki jiwa enterpreneur,
banyak celah bisnis yang menjanjikan dalam bidang digital. Sudah pasti,
jika Anda jeli mencari ide peluang usaha dan bekerja cukup
keras, Anda akan mendapatkan penghasilan yang banyak. Wow!
Bisnis di bidang ini diprediksi akan semakin tumbuh
dan berkembang lebih besar lagi. Jadi jangan sia-siakan kesempatan emas ini.
Sudah ribuan orang yang meraih kesuksesan dalam bisnis digital. Mark Zuckerberg
misalnya, yang sukses dengan raksasa media sosial Facebook miliknya. Facebook
yang berawal dari ide sederhana namun kini jutaan orang di dunia menggunakannya
untuk berbagai kepentingan. Sedangkan contoh dalam negeri yang sedang
ramai saat ini adalah Go-Jek, misalnya. Aplikasi digital berbasis delivery
service ini bahkan membuat sopir Go-Jeknya saja meraup untung 4-6
juta/bulan. Itu karena para pendirinya menuangkan ide peluang usaha menjadi
karya yang luar biasa.
Jenis Bisnis Digital
Jenis Bisnis Digital /
Ruang Freelance / www.420intel.com
Nah, sebelumnya kita harus
memahami jenis-jenis bisnis digital. Masih banyak
pengusaha startup yang belum memahami perbedaan jenisnya. Secara
umum, bisnis digital terbagi menjadi empat bagian. Bisnis digital murni, versi
digital dari bisnis nondigital, fasilitator digital dari bisnis nondigital,
dan hybrid. Mari kita bahas satu per satu.
Digital murni adalah bisnis yang menawarkan produk
dengan komponen “bits and bytes”, seperti pembuatan software secara
luas. Misalnya software pendidikan, software khusus bisnis,
dan lain-lain.
- Versi digital
dari bisnis nondigital adalah bisnis yang menawarkan versi digital dari
barang/jasa yang biasanya dijual dalam bentuk fisik, seperti
menjual e-book, e-journal, dan e-comic.
- Fasilitator
digital dari bisnis nondigital adalah bisnis yang memfasilitasi bisnis
barang dan jasa menggunakan teknologi digital, seperti online shop.
- Hybrid merupakan kombinasi penggunaan berbagai jenis
bisnis digital untuk memaksimalkan pendapatan.
Mengetahui dan memahami
jenis-jenis bisnis digital ini sangat penting, karena setiap jenisnya memiliki
cara pemasaran dan target pasar yang berbeda, sehingga diperlukan strategi yang
sesuai. Bisnis digital juga memiliki basic service yang berbeda,
seperti media sosial (social media), pencarian dan analisis (search and
analytics), pengaturan konten web (web content management), digital
content provider, distribusi dan pengiriman (distribution and delivery),
aplikasi hiburan, dan lainnya.
Contoh Sukses Perusahaan dalam Bidang Digital
Sebelum menyimak berbagai ide
menarik di bidang digital ini, inilah beberapa perusahaan yang sukses dan
mendapatkan penghargaan Top 100 tingkat dunia dari situs EContent. Semoga saja
ini bisa menjadi motivasi untuk Anda agar segera memulai bisnis di era digital
yang sesuai dengan passion yang Anda miliki.
Perusahaan Access Innovations,
yang kantor pertamanya adalah ruangan dapur di rumah mereka 35 tahun
lalu, kini telah sukses luar biasa. Bergerak di bidang search
and analytics, perusahaan ini terus berinovasi dalam setiap layanan dengan
mengombinasikan database, intranet, sistem manajemen, dan kini telah
memiliki Harmony Software Suite. Lebih dari ribuan hubungan bisnis telah
sukses dilakukan dengan banyak perusahaan bergengsi.
Perangkat lunak data Harmony
Suite menyediakan solusi manajemen pengetahuan untuk mengatur sumber daya
informasi, berdasarkan pada tesaurus yang well-built dan diterapkan
secara sistematis pada perusahaan. Perangkat lunak Data Harmony memungkinkan
pembangunan kerangka logis dari sebuah topik, mencerminkan kosakata bisnis
atau subjek daerah dan kemudian menerapkan istilah topik ini secara tepat dan
konsisten. Software Data Harmony terintegrasi dengan berbagai sistem
manajemen konten, file dalam XML dan 13 format file lainnya, menangani di
hampir semua kelas bahasa dan set karakter, dan menggunakan konsep kategorisasi
untuk penandaan (tagging) yang tepat dan pencarian cerdas.
Acquire Media adalah perusahan
yang telah 13 tahun bergerak di bidang distribution and delivery. Dengan
membangun kepercayaan bahwa setiap produk teknologi digitalnya seimbang,
memiliki ketersediaan yang tinggi, volume yang banyak dan memiliki tingkat
kegagalan yang rendah, perusahaan ini menyediakan server berita yang
telah teruji. Perusahaan media terkemuka telah mengenali keunggulan
Acquire Media dengan baik. Itulah sebabnya perangkat lunak pengiriman berita
ini dikirimkan ke banyak penerbitan digital terkemuka, termasuk The Financial
Times, McClatchy, Tribune, Advance, Fairfax, Inggris Bisnis Media, The Press
Association (UK), Washington Post/Bloomberg News Service, dan lain-lain.
Ephox adalah perusahaan yang
bergerak dalam bidang kreasi konten web sejak tahun 1999. Perusahaan ini
berawal dari posisi pekerjaan yang biasa-biasa saja, yaitu sebagai pengembang
web muda dalam “Racing Carnival.” Pada saat itu mereka masih disibukkan dengan
pekerjaan mengupdate lebih dari ratusan peristiwa dan berita setiap hari
sepanjang musim dingin yang memperbaharui webnya secara manual. Dari sinilah
berawal ide untuk memperbaharui web secara otomatis, namun tetap terstruktur
dengan baik. Lalu, lahirlah EditLive! Yang lisensinya telah terjual ribuan kali
dan menjadi visual editor yang terlaris di dunia. Ephox kini berada di
garis depan dalam inovasi teknologi pengeditan web dan akan segera meluncurkan
produk baru, yaitu Textbox.io.
Swets adalah pemimpin pada
pasar global, dalam bidang pengelolaan konten informasi perdagangan secara
profesional. Sebagai satu-satunya perusahaan yang bersertifikat ISO
9001:2008, jasa penerbit Swets selaras dengan kepuasan pelanggan untuk
meningkatkan penjualan dan keuntungan, lebih memahami kinerja penjualan dari
portofolio, dan mendukung proses back-end yang diperlukan untuk
menjaga alur kerja yang konsisten. Swets menyediakan penerbit dengan
tambahan jaringan ke pasaran yang lebih besar, membantu klien untuk mengidentifikasi
kesenjangan dan peluang di wilayah baru dan yang sudah ada, memasok perusahaan
klien dengan kekayaan wawasan, dan layanan data yang transparan. Dengan layanan
ini, sudah ribuan pelanggan dari 160 negara yang menggunakan Swets. Kini Swets
telah memiliki 27 kantor cabang yang tersebar di berbagai belahan dunia.
Wow, Amazing! Itu baru 4
perusahaan dari 100 perusahaan dunia yang sukses berkecimpung dalam bidang
digital. Tentunya kisah pemilik, Facebook, Google, dan perusahaan terkenal
lainnya sudah terlalu sering kita dengar. Lihatlah, perusahan di atas besar
dalam waktu yang tidak sebentar, jadi bersabarlah untuk menjalani proses
menjadi besar sambil ditempa. Nah, untuk lebih detailnya, inilah daftar ide
peluang usaha di bidang digital yang bisa Anda coba dan pastinya akan
menambah pundi-pundi penghasilan. Dicatat, ya.
Peluang Usaha di Bidang Digital
Peluang Usaha di Bidang
Digital / Ruang Freelance / www.itone.lu
1. Web Development
Jasa pembuatan website ini
harus bermodalkan keahlian di bidang IT, membeli domain, hosting, dan
tentunya jaringan internet. Ini merupakan pekerjaan yang tidak akan pernah sepi
pembeli. Mengingat efektivitas internet yang hampir digunakan di semua bidang,
menjadi web designer adalah pekerjaan yang sangat menjanjikan. Memang
tersedia layanan pembuatan web gratis, tapi website berbayar memiliki lebih
banyak keunggulan.
Selain dari tampilan yang
lebih baik, web berbayar juga memiliki fitur yang lebih lengkap, sehingga
promosi produk akan lebih menarik dan efektif. Keuntungan yang akan Anda
dapatkan bisa mencapai 80% dengan prospek yang sangat menjanjikan. Belum punya
keahlian? Tenang saja, Anda bisa mempelajarinya secara otodidak. Banyak sumber
yang bisa Anda jadikan sebagai guru. Oh ya, bahkan menjual nama domain unik pun
merupakan peluang usaha di dunia digital ini.
2. Membuat Startup
Startup adalah istilah
atau sebutan bagi pengusaha yang tengan merintis bisnis di bidang digital. Ada
banyak jasa yang ditawarkan, seperti pembuatan website, software,
aplikasi mobile, dan yang lainnya. Bisnis startup mengutamakan
konten yang menarik dan kreatif agar diminati oleh masyarakat. Lalu, dari
manakah pemasukannya? Dari iklan yang ditampilkan dan fitur-fitur berbayar yang
ditawarkan saat membuka web atau aplikasi. Dalam memulai bisnis digital memang
harus memiliki kemampuan di bidang IT, atau setidaknya ada tim yang kompeten di
bidang IT, penjualan, dan lain sebagainya, sesuai dengan
kebutuhan startup yang dijalankan. OLX (Toko Bagus), Blibli, dan
BukaLapak adalah beberapa contoh startup yang terkenal di Indonesia.
3. Membuat blog yang menarik dan menghasilkan
Ini adalah hobi yang bisa
menghasilkan uang. Hanya dari menulis mengenai hobi dan kisah hidup yang
bermanfaat bagi orang lain, atau tulisan dengan tema tertentu, Anda bisa
menambah penghasilan bulanan. Ada banyak cara supaya blog yang dibuat bisa
menghasilkan, di antaranya komisi dari afiliasi dengan pihak atau produsen lain
saat menjual produk. Selain itu, Anda juga bisa menawarkan iklan di dalam blog
Anda. Tapi untuk hal yang satu ini, tentu diperlukan traffic yang
tinggi agar orang mau memasang iklan pada blog Anda.
Menulis review tentang
produk lain yang akan dibayar oleh si empunya produk. Atau bisa juga Anda
membuat blog khusus untuk produk yang Anda jual. Satu lagi, menggunakan sistem
Pay Per Click (PPC) di mana Anda akan dibayar per klik. Blog yang baik adalah
memiliki konten SEO dan menyajikan sesuatu yang menarik dan informatif.
4. Membuat dan menjual produk informasi digital
Apa
itu? Misalnya e-book dengan materi yang
bermanfaat, e-comic juga sebagai salah satu tampilan baru komik masa
depan. Dengan strategi penjualan yang provokatif, dijamin akan terjual dengan
baik. Sesuaikan kontennya dengan topik yang sedang hot dan bermanfaat
sesuai dengan target pasar yang akan dituju. Cukup mudah, bukan? Ini
beberapa rekomendasi tempat untuk menjual produk informasi, yaitu Clickbank,
Jualio, Guides.co
5. Menyediakan jasa desain grafis
Jasa pembuatan desain grafis
memiliki prospek yang sangat besar. Permintaannya tinggi disebabkan oleh
promosi produk yang membutuhkan tampilan menarik dan ditunjang
dengan tools computer yang semakin canggih. Untuk mendapatkan
klien, Anda bisa mulai memasarkannya di beberapa marketplace, seperti
Sribulancer, 99designs, dan Fiverr. Anda bisa mendapatkan pelanggan dari dalam
dan luar negeri. Semakin sering Anda membuat portofolio, maka Anda akan
semakin mahir dan hasilnya berkualitas. Silakan dicoba bagi Anda yang hobi
menggambar atau mendesain sesuatu. Jadikan gambar Anda bukan sekadar gambar.
6. Menjual plugin dan template WordPress
Salah satu mesin blog yang
ramai dipakai adalah WordPress. Hal ini dikarenakan maintenance dan
modifikasinya yang tidak begitu sulit. Seiring meningkatnya penggunaan
WordPress, maka permintaan terhadap template dan plugin juga
meningkat. Ini merupakan ide peluang usaha yang bisa
dimanfaatkan. Selain niat dan kerja keras, tentunya juga dibutuhkan keahlian
untuk membuat web, seperti HTML/CSS/JS, PHP, dan lain-lain. Bagi Anda yang baru
menekuni bidang ini, disarankan untuk melakukan tes di beberapa marketplace, seperti
Mojo Themes, dan Themeforest, agar Anda bisa mendapatkan review dari
pihak lain. Penghasilan yang didapatkan sesuai dengan tempat penjualan:
ekslusif, nonekslusif, dan on site di web milik pribadi, jika jam
terbang Anda telah banyak.
7. Menjadi penulis konten/artikel SEO (Search Engine
Optimization)
Bagi Anda yang suka menulis,
tidak ada salahnya mencoba berkarya di dunia digital. Dari beberapa
lini ide peluang usaha yang telah dibahas sebelumnya, telah
dihighlight bahwa konten menarik dengan SEO akan lebih
menaikkan traffic dan semakin direkomendasikan oleh mesin pencari,
seperti Google, di halaman pertama mereka. Anda bisa menjadi penulis konten
dengan bergabung ke dalam perusahaan penulis konten. Atau Anda juga bisa menjadi
penulis langganan bagi suatu web dan portal berita yang sudah mapan.
8. Membangun agensi pembuatan artikel dan konten
Nah, kalau Anda memiliki modal
yang cukup dan tim penyuntingan agar naskah lebih baik lagi, Anda boleh mencoba
bisnis yang satu ini. Anda hanya perlu memasang iklan untuk mencari dan
menyeleksi orang yang berkompeten dalam penulisan konten SEO yang
baik. Beberapa editor diperlukan agar menjaga kualitas tulisan dan
memerlukan pemasaran yang baik supaya diketahui oleh banyak orang. Kini, banyak startup yang
berbisnis di bidang penulisan konten, misalnya jasa penulis artikel Kontenesia.
9. Membuat Aplikasi mobile
Sudah pernah mendengar kisah
inspiratif kuli panggul yang berhasil membuat aplikasi permainan dan
mendapatkan penghasilan yang besarnya jauh berkali lipat dari hasil kuli
panggulnya dulu? Dengan semakin seringnya orang menggunakan
teknologi mobile, maka selama itu pula bisnis
aplikasi mobile masih akan prospektif. Google telah memberikan
dukungan untuk pemanfaatan fitur aplikasi Android, hanya tinggal belajar dengan
sungguh-sungguh saja. Akan ada profit sharing dari pemasangan iklan
yang didapatkan dari Google Admob. Contoh aplikasi yang berhasil adalah Go-Jek
dan aplikasi game anak.
10. Membuat software
Software adalah perangkat
lunak berisi bahasa pemrograman yang memiliki kesatuan dan memiliki nilai dan
tujuan tertentu. Berdasarkan distribusinya, software terbagi menjadi
dua jenis, yaitu software berbayar dan software gratis.
Saat ini sudah terdapat berbagai jenis software, di antaranya adalah
Adware, Beerware, Freeware, Shareware, Spyware, dan Open Source. Jika Anda
bisa membuat software dan memiliki keahlian menyusun coding,
silakan dicoba.
11. Menyediakan jasa internet marketing
Paket usaha yang satu ini tengah booming di
masyarakat. Jasa internet marketing adalah salah satu kunci
sukses dalam bisnis digital. Meski Anda sudah memiliki akun website dan
media sosial, belum tentu itu akan meningkatkan penjualan. Dan mengingat persaingan
bisnis yang juga sangat ketat, maka internet marketing adalah cara
promosi produk barang/jasa dengan mengoptimalkan media sosial dan akses
internet lainnya.
12. Media Sosial
Semakin hari, media sosial
semakin berkembang. Dulu hanya Friendster, sekarang ada Facebook, Instagram,
Path, Line, dan masih banyak lagi. Anda bisa mempelajari bagaimana
mengoptimalkan penggunaan media sosial untuk berbisnis, internet
marketing atau bahkan menciptakan media sosial sendiri khusus di sebuah
daerah, seperti Weibo di Tiongkok misalnya.
13. Be a YouTuber
Suka mengupload video dan
membaginya di YouTube? Anda bisa mencoba ide bisnis yang satu ini dengan lebih
serius. Buatlah video yang viral. Semakin banyak yang melihat video Anda,
maka semakin besar pendapatan yang Anda dapatkan. Selain itu, ada
fitur subscriber. Uang yang kita dapatkan berasal dari iklan yang otomatis
tayang dalam video dan iklan yang akan muncul jika penonton menekan tombol
klik. Saat membuat video, Anda bisa menggunakan teknologi IT, supaya hasil
video lebih jernih dan lebih indah. Beberapa video populer dan banyak
dikunjungi adalah video tutorial, video kocak, dan rekaman karya pribadi.
Sebenarnya masih banyak lagi
ide peluang usaha jika dibahas lebih rinci. Semoga artikel ini bisa
memberikan pencerahan bagi Anda yang masih bingung mau berbisnis
apa. Segera bulatkan niat dan tekad, survei target pasar yang sesuai
dengan passion Anda, persiapkan yang berhubungan dengannya. Jika
sudah menyiapkan semua hal tersebut, maka langkah selanjutnya adalah aksi nyata.
ayo mas yos
BalasHapusjelek sekali astaga
BalasHapusaku mau buat pelangi dong dari pop ice
BalasHapusngglambyar
HapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapuslapo mbok hapus fuck dadine aku lak maleh gaiso moco komentarmu ta blog.....
Hapus