Langsung ke konten utama

PELUANG USAHA

1.     MENENTUKAN PELUANG USAHA

Menemukan Peluang
     Usaha Peluang usaha bersumber dari adanya kebutuhan dari individu atau masyarakat. Oleh karena itu jika ingin mulai mewujudkan berwirausaha, hendaknya terlebih dahulu menjawab pertanyaan” “Apakah yang menjadi kebutuhan masyarakat atau kebanyakan anggota masyarakat saat ini atau di masa yang akan datang?”. Untuk memahami kebutuhan masyarakat diperlukan suatu diagnosa terhadap lingkungan usaha secara keseluruhan, yang meliputi faktor ekonomi, politik, pasar, persaingan, pemasok, teknologi, sosial dan geografi. Lingkungan usaha senantiasa berubah setiap saat, bahkan perubahannya cukup pesat dan seiring dengan itu terjadi pula perubahan kebutuhan masyarakat. Untuk menemukan peluang usaha yang prospektif seharusnya kita sebagai wirausahawan senantiasa mencari informasi yang terkait dengan perubahan lingkungan dan kebutuhan masyarakat. Sumber informasi dapat diperoleh dari instansi/lembaga pemerintah, media massa, pasar atau mungkin melalui wawancara dengan konsumen. Jadi, peluang senantiasa ada karena perubahan-perubahan terus berlangsung baik di tingkat individu, maupun ditingkat masyarakat. Kemampuan kita melihat peluang sangat tergantung dari informasi yang kita peroleh tentang faktor lingkungan usaha.
                                                                  
Berangkat dari pertanyaan di atas dengan memanfaatkan potensi diri kita, maka dalam menemukan peluang usaha yang cocok, kita dapat menggunakan dua pendekatan, yaitu:
1. Pendekatan in-side-out (dari dalam ke luar) bahwa keberhasilan akan dapat diraih dengan memenuhi kebutuhan yang ada saat ini.
2. Pendekatan out-side-in (dari luar ke dalam) bahwa keberhasilan akan dapat diraih dengan menciptakan kebutuhan.

Memilih Lapangan Usaha dan Mengembangkan Gagasan Usaha.

    Setelah mengetahui kebutuhan masyarakat dan berhasil menemukan berbagai lapangan usaha dan gagasan usaha, maka langkah berikutnya adalah menjawab pertanyaan: “Manakah di antara lapangan usaha dan gagasan-gagasan usaha tersebut yang paling tepat dan cocok untuk saya?” Pertanyaan ini sangat tepat, mengingat setiap orang memiliki potensi diri yang berbeda-beda. Tentunya dalam memilih lapangan usaha dan mengembangkan gagasan usaha, kita perlu menyesuaikan dengan potensi diri yang kita miliki. Kekeliruan dalam memilih yang disebabkan karena ketidakcocokan atau Ketidaksesuaian pada akhirnya akan mendatangkan kesulitan atau bahkan kegagalan di kemudian hari.

      Telah banyak fakta yang dapat dikemukakan, bahwa masih banyak wirausahawan yang memulai usahanya dengan melihat keberhasilan orang lain dalam menjalankan usahanya (latah atau ikut-ikutan). Pada hal belum tentu orang lain berhasil dalam suatu lapangan usaha, kita juga dapat berhasil dengan lapangan usaha yang sama. Mungkin saja orang lain berhasil karena potensi diri yang dimilikinya cocok dengan lapangan usaha tersebut dan kemampuan dia untuk mengakses informasi terkait dengan usaha yang dijalankannya. Bisa saja kita mengikuti orang yang telah berhasil dalam suatu lapangan usaha, namun kita perlu memiliki nilai lebih dari aspek kualitas yang kita tawarkan kepada konsumen. Namun kemampuan menawarkan aspek kualitas yang lebih tetap juga terkait dengan potensi diri yang kita miliki.

Olehnya itu, dalam memilih lapangan usaha yang akan kita geluti, perlu dipertimbangkan hal-hal berikut:

1. Lapangan usaha yang cocok untuk orang lain belum tentu cocok bagi kita.

2. Lapangan usaha yang pada masa lalu menguntungkan, belum tentu pada saat ini masih menguntungkan, atau lapangan usaha yang menguntungkan saat ini belum tentu menguntungkan di masa yang akan datang.

3. Lapangan usaha yang berkembang baik di suatu daerah, belum tentu dapat berkembang dengan baik pula di daerah lain, dan sebaliknya.

4. Berangkat dari pertimbangan-pertimbangan tersebut, maka dalam memilih lapangan usaha, kita perlu kembali melihat dan mengkaji kondisi internal kita dan kondisi eksternal dimana usaha kita jalankan, karena faktor internal dan eksternal ini akan Modul Pembelajaran Kewirausahaan 56 sangat menentukan kesuksesan kita dalam menjalankan usaha. Faktor internal yang dimaksud seperti penguasaan sumberdaya (lahan, bangunan, peralatan dan finansial), penguasaan teknis atau keterampilan, penguasaan manajemen dan jejaring sosial yang kita miliki. Sedangkan faktor eksternal seperti peraturan pemerintah, tingkat permintaan dan penawaran, persaingan, resiko dan prospek ekonomi baik lokal, regional, nasional maupun global.

      Berdasarkan uraian di atas, maka langkah awal yang perlu kita lakukan adalah menginventarisir berbagai jenis lapangan usaha dan gagasan produk yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup manusia. Kehidupan manusia dapat berkualitas ketika semua komponen kebutuhannya terpenuhi. Komponen dan struktur kualitas kehidupan manusia digambarkan oleh Suryana (2007) sebagaimana digambarkan pada Tabel berikut ini.

KEBUTUHAN MANUSIA
AKTIFITAS
INPUT
SARANA
HASIL CAPALAN
FISIK
Makan,minum,
olahraga,tidur
Makanan, minuman, pakaian, obat-obatan
Peralatan makan, olahraga, rumah, gedung
Jasmani yang :
- Sehat
- Segar
- Kuat
- Aman
MENTAL RASIONAL
Belajar, membaca.
Mengopserfasi,
Menulis, meniliti
Informasi, pengetahuan, knsep, rumus.
Alat-alat audio, Visual, buku, media dan alat tulis
Manusia rasional:
-berpengetahuan
-objektif
-netral
-kritis
PSIKO-SOSIAL
Bergaul, berteman, berorganisasi
Isyarat, lambing, bahasa , etika,  adatistiadat, norma-norma
Alat-alat transportasi
dan
Komunikasi
Manusia sosial :
-berstatus
-populer
-matang emosi
PSIKO-PERSONAL
Menulis diary, memoir, introspeksi, refleksi,afiemasi
Imaji, mimpi, bisikan nurani, suara-suara
Pena, kertas, ruang
sunyi
Manusia berkepribadian,
utuh, muthmainnah
SPIRITUAL
Meditasi, berdo’a, sholat, puasa, ziaroh.
Alam, ilham, hidayah, wahyu,puisi, karya,seni.
Mesjid, biara, gereja,
buku/kitab suci,
benda-benda simbolik
Manusia :
- Intuitif
- Humanis
- Religus
- Saleh

      Mungkin dari langkah awal tadi, kita telah menemukan ratusan atau bahkan ribuan gagasan usaha. Untuk memperkecil pilihan dalam melakukan analisis berikutnya, maka kitaharus menyeleksi berbagai jenis gagasan usaha yang telah kita lakukan pada langkah pertama tadi. Gagasan usaha yang dipilih adalah gagasan yang memiliki prospek secara ekonomi yang dapat berupa pertimbangan bahwa produk yang dihasilkan merupakan kebutuhan vital bagi manusia dengan tingkat permintaan dan harga yang relatif memadai.

      Selanjutnya alternatif pilihan lebih diperkecil lagi dengan memilih beberapa gagasan usaha dengan mempertimbangkan potensi diri (faktor internal) kita. Hasil akhir dari langkahlangkah yang telah kita lakukan akan diperoleh beberapa gagasan usaha yang telah terurutberdasarkan prioritasnya. Agar pilihan kita lebih aman dan dapat dikuasai dengan baik, maka perlu dilakukan.

     Analisis Kembali dengan mempertimbangkan faktor internal berupa kekuatan dan kelemahan yang kita miliki jika kita memilih gagasan usaha yang bersangkutan, dan faktoreksternal berupa peluang dan ancaman yang akan dihadapi jika kita menjatuhkan pilihan pada gagasan usaha yang bersangkutan. Analisis ini sering dikenal dengan analisis SWOT. Bukan tidak mungkin, setelah melakukan langkah analisis ini, kita akan menjatuhkan pilihan pada gagasan usaha yang menjadi prioritas kedua atau ketiga dari hasil analisis sebelumnya.

2.   CARA MENENTUKAN PELUANG USAHA ATAU IDE BISNIS

Cara untuk menemukan inspirasi usaha serta peluang usaha.

Saat terpikir untuk berwirausaha, jadi pertanyaan pertama yang nampak yaitu type usaha apa yang perlu di buat? Langkah awal ini begitu utama untuk lanjutan gagasan Kamu, yaitu temukan inspirasi usaha serta atau kesempatan usaha.

Inspirasi usaha ada di sekitaran kita.

Inspirasi usaha datang dari analisa yang jeli pada trend pasar serta keperluan customer, walau ada pula inspirasi usaha yang didapat dengan cara kebetulan. Bila Kamu tertarik untuk mengawali satu usaha, namun tidak paham apa product atau layanan yang bakal Kamu jual, jadi Kamu butuh mengeksplorasi beberapa cara untuk memperoleh inspirasi usaha atau kesempatan usaha.

Langkah temukan kesempatan usaha

1. Tanyakan pada diri Kamu, ketrampilan apa yang Kamu miliki

Apakah Kamu mempunyai bakat atau prestasi yang dapat dibuktikan yang dapat jadi basic dari usaha yang untungkan? Seseorang mahasiswa yang saat ini menggerakkan usaha toko on-line pertama kalinya memperoleh inspirasi binis saat ia berbarengan rekannya melalui jejeran distro di sekitaran universitas. Rekannya menyampaikan : “Mengapa Kamu tak tawarkan layanan pembuatan situs/situs (blog) toko on-line pada mereka ini? ” Lantas, ia mulai memikirkan, saya cuma dapat bikin situs/situs (blog) toko on-line simpel, namun tak salah dicoba. Awalannya ia sukses jual sebagian jenis toko on-line simpel, tetapi seiring berjalannya waktu inspirasi itu berkembang serta pada akhirnya ia mengambil keputusan menggerakkan usaha toko on-line sendiri.
Untuk temukan inspirasi usaha yang layak, tanyakan pada sendiri, ” Apa yang dapat saya kerjakan, apa kekuatan yang saya punyai serta orang bakal bersedia membayar product atau layanan saya itu? ”

2. Fikirkan apa yang lagi ngetrend sekarang ini yang bisa jadi kesempatan usaha.

Bila Kamu membaca atau melihat berita dengan teratur dengan penuh ketertarikan, jadi Kamu bakal takjub lihat begitu banyak inspirasi kesempatan usaha yang bisa diketemukan. Dengan ikuti perubahan berita sembari selalu beraktivitas, Kamu bisa mengidentifikasi trend pasar, model baru, berita industri – serta terkadang cuma bebrapa inspirasi baru yang mempunyai peluang usaha. Umpamanya, memasyarakatnya pemakaian gadget sudah membuat kesempatan usaha baru. Apabila Kamu barusan beli satu IPAD, Kamu bakal selekasnya memerlukan anti gores serta sarung Ipad.

3. Buat product atau layanan baru.

Mari kita fikirkan kondisi 30 th. waktu lalu. Adakah keinginan besar pada software anti-virus Kamu Internet Service Provider? Tak ada! Beberapa produk itu lahir dari permasalahan serta keperluan yang perlu dipenuhi. Saat ini, anak-anak muda Indonesia banyak menekuni didunia usaha IT, seperti bangun aplikasi smartphone.

4. Berikan nilai product yang telah ada.

Ketidaksamaan pada kayu mentah serta kayu jadi adalah contoh dari menambahkan nilai product lewat satu sistem. Terkecuali menambahkan nilai lewat sistem, Kamu dapat juga memberi service, atau memadukan product dengan product yang lain. Umpamanya sediakan service delivery selain service pada gerai.
Dari ke empat contoh terdahulu, terlihat kalau inspirasi usaha bisa diketemukan dengan gampang. Tetapi temukan inspirasi usaha sekalian jadi kesempatan usaha tidak selamanya gampang, beberapa didapat melalui penilaian serta analisa yang lebih cermat.

5. Riset pasar

Pencarian inspirasi usaha atau kesempatan usaha lewat riset pasar ini begitu utama dikerjakan untuk type usaha yang memerlukan investasi yang cukup besar.
Apabila seorang menginginkan buka butik umpamanya, ia tak dan merta bangun usaha tanpa ada lakukan penelitian pasar. Bila tak, kemungkinan kegagalan bakal makin besar. Atau seseorang petani di tanah Karo temukan inspirasi usaha berpindah dari berkebun jeruk jadi strawberry sesudah lakukan penelitian pasar ia tahu kalau keinginan pasar bakal strawberry cukup besar di kota Medan.
Riset pasar untuk usaha yang semakin besar mungkin saja lewat sebagian bagian seperti persiapan, pengumpulan serta pemrosesan data, analisa, serta penarikan rangkuman. Lihatlah usaha yang telah ada serta product serta layanan yang mereka menawarkan serta memastikan adakah keperluan untuk kian lebih beberapa produk atau layanan. Bila ada, meningkatkan bebrapa inspirasi usaha supaya sesuai sama celah pasar.

Follow Up

Saat ini, Kamu mungkin saja telah temukan banyak inspirasi untuk mengawali usaha. Tulislah bebrapa inspirasi itu pada secarik kertas. Biarlah fikiran Kamu terbuka serta selalu membahas semua suatu hal yang Kamu baca serta dengar dari pojok pandang kewirausahaan. Kamu mungkin saja tak serta-merta wujudkan inspirasi kesempatan usaha itu esok harinya, namun sekurang-kurangnya Kamu telah temukan peta tambang emas untuk Kamu eksplorasi lalu.

3.  Inilah Ide Peluang Usaha di Bidang Digital yang akan Membuat Anda Kaya Raya

Teknologi digital memang tidak akan habis dibahas dalam satu artikel ini saja. Teknologi digital ini sangat luas cakupannya dan sangat bermanfaat dalam berbagai bidang kehidupan manusia, untuk membantu pekerjaan supaya menjadi lebih ringkas. Termasuk dalam bidang bisnis.

Teknologi digital erat kaitannya dengan internet dan pemanfaatannya yang luas. Bagi Anda yang memiliki jiwa enterpreneur, banyak celah bisnis yang menjanjikan dalam bidang digital. Sudah pasti, jika Anda jeli mencari ide peluang usaha dan bekerja cukup keras, Anda akan mendapatkan penghasilan yang banyak. Wow!

Bisnis di bidang ini diprediksi akan semakin tumbuh dan berkembang lebih besar lagi. Jadi jangan sia-siakan kesempatan emas ini. Sudah ribuan orang yang meraih kesuksesan dalam bisnis digital. Mark Zuckerberg misalnya, yang sukses dengan raksasa media sosial Facebook miliknya. Facebook yang berawal dari ide sederhana namun kini jutaan orang di dunia menggunakannya untuk berbagai kepentingan. Sedangkan contoh dalam negeri yang sedang ramai saat ini adalah Go-Jek, misalnya. Aplikasi digital berbasis delivery service ini bahkan membuat sopir Go-Jeknya saja meraup untung 4-6 juta/bulan. Itu karena para pendirinya menuangkan ide peluang usaha menjadi karya yang luar biasa.

Jenis Bisnis Digital

Jenis Bisnis Digital / Ruang Freelance / www.420intel.com
Nah, sebelumnya kita harus memahami jenis-jenis bisnis digital. Masih banyak pengusaha startup yang belum memahami perbedaan jenisnya. Secara umum, bisnis digital terbagi menjadi empat bagian. Bisnis digital murni, versi digital dari bisnis nondigital, fasilitator digital dari bisnis nondigital, dan hybrid. Mari kita bahas satu per satu.
Digital murni adalah bisnis yang menawarkan produk dengan komponen “bits and bytes”, seperti pembuatan software secara luas. Misalnya software pendidikan, software khusus bisnis, dan lain-lain.
  • Versi digital dari bisnis nondigital adalah bisnis yang menawarkan versi digital dari barang/jasa yang biasanya dijual dalam bentuk fisik, seperti menjual e-book, e-journal, dan e-comic.
  • Fasilitator digital dari bisnis nondigital adalah bisnis yang memfasilitasi bisnis barang dan jasa menggunakan teknologi digital, seperti online shop.
  • Hybrid merupakan kombinasi penggunaan berbagai jenis bisnis digital untuk memaksimalkan pendapatan.
Mengetahui dan memahami jenis-jenis bisnis digital ini sangat penting, karena setiap jenisnya memiliki cara pemasaran dan target pasar yang berbeda, sehingga diperlukan strategi yang sesuai. Bisnis digital juga memiliki basic service yang berbeda, seperti media sosial (social media), pencarian dan analisis (search and analytics), pengaturan konten web (web content management), digital content provider, distribusi dan pengiriman (distribution and delivery), aplikasi hiburan, dan lainnya.

Contoh Sukses Perusahaan dalam Bidang Digital

Sebelum menyimak berbagai ide menarik di bidang digital ini, inilah beberapa perusahaan yang sukses dan mendapatkan penghargaan Top 100 tingkat dunia dari situs EContent. Semoga saja ini bisa menjadi motivasi untuk Anda agar segera memulai bisnis di era digital yang sesuai dengan passion yang Anda miliki.

Perusahaan Access Innovations, yang kantor pertamanya adalah ruangan dapur di rumah mereka 35 tahun lalu, kini telah sukses luar biasa. Bergerak di bidang search and analytics, perusahaan ini terus berinovasi dalam setiap layanan dengan mengombinasikan database, intranet, sistem manajemen, dan kini telah memiliki Harmony Software Suite. Lebih dari ribuan hubungan bisnis telah sukses dilakukan dengan banyak perusahaan bergengsi.

Perangkat lunak data Harmony Suite menyediakan solusi manajemen pengetahuan untuk mengatur sumber daya informasi, berdasarkan pada tesaurus yang well-built dan diterapkan secara sistematis pada perusahaan. Perangkat lunak Data Harmony memungkinkan pembangunan kerangka logis dari sebuah topik, mencerminkan kosakata bisnis atau subjek daerah dan kemudian menerapkan istilah topik ini secara tepat dan konsisten. Software Data Harmony terintegrasi dengan berbagai sistem manajemen konten, file dalam XML dan 13 format file lainnya, menangani di hampir semua kelas bahasa dan set karakter, dan menggunakan konsep kategorisasi untuk penandaan (tagging) yang tepat dan pencarian cerdas.

Acquire Media adalah perusahan yang telah 13 tahun bergerak di bidang distribution and delivery. Dengan membangun kepercayaan bahwa setiap produk teknologi digitalnya seimbang, memiliki ketersediaan yang tinggi, volume yang banyak dan memiliki tingkat kegagalan yang rendah, perusahaan ini menyediakan server berita yang telah teruji. Perusahaan media terkemuka telah mengenali keunggulan Acquire Media dengan baik. Itulah sebabnya perangkat lunak pengiriman berita ini dikirimkan ke banyak penerbitan digital terkemuka, termasuk The Financial Times, McClatchy, Tribune, Advance, Fairfax, Inggris Bisnis Media, The Press Association (UK), Washington Post/Bloomberg News Service, dan lain-lain.

Ephox adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang kreasi konten web sejak tahun 1999. Perusahaan ini berawal dari posisi pekerjaan yang biasa-biasa saja, yaitu sebagai pengembang web muda dalam “Racing Carnival.” Pada saat itu mereka masih disibukkan dengan pekerjaan mengupdate lebih dari ratusan peristiwa dan berita setiap hari sepanjang musim dingin yang memperbaharui webnya secara manual. Dari sinilah berawal ide untuk memperbaharui web secara otomatis, namun tetap terstruktur dengan baik. Lalu, lahirlah EditLive! Yang lisensinya telah terjual ribuan kali dan menjadi visual editor yang terlaris di dunia. Ephox kini berada di garis depan dalam inovasi teknologi pengeditan web dan akan segera meluncurkan produk baru, yaitu Textbox.io.

Swets adalah pemimpin pada pasar global, dalam bidang pengelolaan konten informasi perdagangan secara profesional. Sebagai satu-satunya perusahaan yang bersertifikat ISO 9001:2008, jasa penerbit Swets selaras dengan kepuasan pelanggan untuk meningkatkan penjualan dan keuntungan, lebih memahami kinerja penjualan dari portofolio, dan mendukung proses back-end yang diperlukan untuk menjaga alur kerja yang konsisten. Swets menyediakan penerbit dengan tambahan jaringan ke pasaran yang lebih besar, membantu klien untuk mengidentifikasi kesenjangan dan peluang di wilayah baru dan yang sudah ada, memasok perusahaan klien dengan kekayaan wawasan, dan layanan data yang transparan. Dengan layanan ini, sudah ribuan pelanggan dari 160 negara yang menggunakan Swets. Kini Swets telah memiliki 27 kantor cabang yang tersebar di berbagai belahan dunia.

Wow, Amazing! Itu baru 4 perusahaan dari 100 perusahaan dunia yang sukses berkecimpung dalam bidang digital. Tentunya kisah pemilik, Facebook, Google, dan perusahaan terkenal lainnya sudah terlalu sering kita dengar. Lihatlah, perusahan di atas besar dalam waktu yang tidak sebentar, jadi bersabarlah untuk menjalani proses menjadi besar sambil ditempa. Nah, untuk lebih detailnya, inilah daftar ide peluang usaha di bidang digital yang bisa Anda coba dan pastinya akan menambah pundi-pundi penghasilan. Dicatat, ya.


Peluang Usaha di Bidang Digital

Peluang Usaha di Bidang Digital / Ruang Freelance / www.itone.lu

1. Web Development

Jasa pembuatan website ini harus bermodalkan keahlian di bidang IT, membeli domain, hosting, dan tentunya jaringan internet. Ini merupakan pekerjaan yang tidak akan pernah sepi pembeli. Mengingat efektivitas internet yang hampir digunakan di semua bidang, menjadi web designer adalah pekerjaan yang sangat menjanjikan. Memang tersedia layanan pembuatan web gratis, tapi website berbayar memiliki lebih banyak keunggulan.

Selain dari tampilan yang lebih baik, web berbayar juga memiliki fitur yang lebih lengkap, sehingga promosi produk akan lebih menarik dan efektif. Keuntungan yang akan Anda dapatkan bisa mencapai 80% dengan prospek yang sangat menjanjikan. Belum punya keahlian? Tenang saja, Anda bisa mempelajarinya secara otodidak. Banyak sumber yang bisa Anda jadikan sebagai guru. Oh ya, bahkan menjual nama domain unik pun merupakan peluang usaha di dunia digital ini.

2. Membuat Startup

Startup adalah istilah atau sebutan bagi pengusaha yang tengan merintis bisnis di bidang digital. Ada banyak jasa yang ditawarkan, seperti pembuatan website, software, aplikasi mobile, dan yang lainnya. Bisnis startup mengutamakan konten yang menarik dan kreatif agar diminati oleh masyarakat. Lalu, dari manakah pemasukannya? Dari iklan yang ditampilkan dan fitur-fitur berbayar yang ditawarkan saat membuka web atau aplikasi. Dalam memulai bisnis digital memang harus memiliki kemampuan di bidang IT, atau setidaknya ada tim yang kompeten di bidang IT, penjualan, dan lain sebagainya, sesuai dengan kebutuhan startup yang dijalankan. OLX (Toko Bagus), Blibli, dan BukaLapak adalah beberapa contoh startup yang terkenal di Indonesia.


3. Membuat blog yang menarik dan menghasilkan

Ini adalah hobi yang bisa menghasilkan uang. Hanya dari menulis mengenai hobi dan kisah hidup yang bermanfaat bagi orang lain, atau tulisan dengan tema tertentu, Anda bisa menambah penghasilan bulanan. Ada banyak cara supaya blog yang dibuat bisa menghasilkan, di antaranya komisi dari afiliasi dengan pihak atau produsen lain saat menjual produk. Selain itu, Anda juga bisa menawarkan iklan di dalam blog Anda. Tapi untuk hal yang satu ini, tentu diperlukan traffic yang tinggi agar orang mau memasang iklan pada blog Anda.
Menulis review tentang produk lain yang akan dibayar oleh si empunya produk. Atau bisa juga Anda membuat blog khusus untuk produk yang Anda jual. Satu lagi, menggunakan sistem Pay Per Click (PPC) di mana Anda akan dibayar per klik. Blog yang baik adalah memiliki konten SEO dan menyajikan sesuatu yang menarik dan informatif.

4. Membuat dan menjual produk informasi digital

Apa itu? Misalnya e-book dengan materi yang bermanfaat, e-comic juga sebagai salah satu tampilan baru komik masa depan. Dengan strategi penjualan yang provokatif, dijamin akan terjual dengan baik. Sesuaikan kontennya dengan topik yang sedang hot dan bermanfaat sesuai dengan target pasar yang akan dituju. Cukup mudah, bukan? Ini beberapa rekomendasi tempat untuk menjual produk informasi, yaitu Clickbank, Jualio, Guides.co

5. Menyediakan jasa desain grafis

Jasa pembuatan desain grafis memiliki prospek yang sangat besar. Permintaannya tinggi disebabkan oleh promosi produk yang membutuhkan tampilan menarik dan ditunjang dengan tools computer yang semakin canggih. Untuk mendapatkan klien, Anda bisa mulai memasarkannya di beberapa marketplace, seperti Sribulancer, 99designs, dan Fiverr. Anda bisa mendapatkan pelanggan dari dalam dan luar negeri. Semakin sering Anda membuat portofolio, maka Anda akan semakin mahir dan hasilnya berkualitas. Silakan dicoba bagi Anda yang hobi menggambar atau mendesain sesuatu. Jadikan gambar Anda bukan sekadar gambar.

6. Menjual plugin dan template WordPress

Salah satu mesin blog yang ramai dipakai adalah WordPress. Hal ini dikarenakan maintenance dan modifikasinya yang tidak begitu sulit. Seiring meningkatnya penggunaan WordPress, maka permintaan terhadap template dan plugin juga meningkat. Ini merupakan ide peluang usaha yang bisa dimanfaatkan. Selain niat dan kerja keras, tentunya juga dibutuhkan keahlian untuk membuat web, seperti HTML/CSS/JS, PHP, dan lain-lain. Bagi Anda yang baru menekuni bidang ini, disarankan untuk melakukan tes di beberapa marketplace, seperti Mojo Themes, dan Themeforest, agar Anda bisa mendapatkan review dari pihak lain. Penghasilan yang didapatkan sesuai dengan tempat penjualan: ekslusif, nonekslusif, dan on site di web milik pribadi, jika jam terbang Anda telah banyak.


7. Menjadi penulis konten/artikel SEO (Search Engine Optimization)

Bagi Anda yang suka menulis, tidak ada salahnya mencoba berkarya di dunia digital. Dari beberapa lini ide peluang usaha yang telah dibahas sebelumnya, telah dihighlight bahwa konten menarik dengan SEO akan lebih menaikkan traffic dan semakin direkomendasikan oleh mesin pencari, seperti Google, di halaman pertama mereka. Anda bisa menjadi penulis konten dengan bergabung ke dalam perusahaan penulis konten. Atau Anda juga bisa menjadi penulis langganan bagi suatu web dan portal berita yang sudah mapan.

8. Membangun agensi pembuatan artikel dan konten

Nah, kalau Anda memiliki modal yang cukup dan tim penyuntingan agar naskah lebih baik lagi, Anda boleh mencoba bisnis yang satu ini. Anda hanya perlu memasang iklan untuk mencari dan menyeleksi orang yang berkompeten dalam penulisan konten SEO yang baik. Beberapa editor diperlukan agar menjaga kualitas tulisan dan memerlukan pemasaran yang baik supaya diketahui oleh banyak orang. Kini, banyak startup yang berbisnis di bidang penulisan konten, misalnya jasa penulis artikel Kontenesia.

9. Membuat Aplikasi mobile

Sudah pernah mendengar kisah inspiratif kuli panggul yang berhasil membuat aplikasi permainan dan mendapatkan penghasilan yang besarnya jauh berkali lipat dari hasil kuli panggulnya dulu? Dengan semakin seringnya orang menggunakan teknologi mobile, maka selama itu pula bisnis aplikasi mobile masih akan prospektif. Google telah memberikan dukungan untuk pemanfaatan fitur aplikasi Android, hanya tinggal belajar dengan sungguh-sungguh saja. Akan ada profit sharing dari pemasangan iklan yang didapatkan dari Google Admob. Contoh aplikasi yang berhasil adalah Go-Jek dan aplikasi game anak.

10. Membuat software

Software adalah perangkat lunak berisi bahasa pemrograman yang memiliki kesatuan dan memiliki nilai dan tujuan tertentu. Berdasarkan distribusinya, software terbagi menjadi dua jenis, yaitu software berbayar dan software gratis. Saat ini sudah terdapat berbagai jenis software, di antaranya adalah Adware, Beerware, Freeware, Shareware, Spyware, dan Open Source. Jika Anda bisa membuat software dan memiliki keahlian menyusun coding, silakan dicoba.

11. Menyediakan jasa internet marketing

Paket usaha yang satu ini tengah booming di masyarakat. Jasa internet marketing adalah salah satu kunci sukses dalam bisnis digital. Meski Anda sudah memiliki akun website dan media sosial, belum tentu itu akan meningkatkan penjualan. Dan mengingat persaingan bisnis yang juga sangat ketat, maka internet marketing adalah cara promosi produk barang/jasa dengan mengoptimalkan media sosial dan akses internet lainnya.

12. Media Sosial

Semakin hari, media sosial semakin berkembang. Dulu hanya Friendster, sekarang ada Facebook, Instagram, Path, Line, dan masih banyak lagi. Anda bisa mempelajari bagaimana mengoptimalkan penggunaan media sosial untuk berbisnis, internet marketing atau bahkan menciptakan media sosial sendiri khusus di sebuah daerah, seperti Weibo di Tiongkok misalnya.

13. Be a YouTuber

Suka mengupload video dan membaginya di YouTube? Anda bisa mencoba ide bisnis yang satu ini dengan lebih serius. Buatlah video yang viral. Semakin banyak yang melihat video Anda, maka semakin besar pendapatan yang Anda dapatkan. Selain itu, ada fitur subscriber. Uang yang kita dapatkan berasal dari iklan yang otomatis tayang dalam video dan iklan yang akan muncul jika penonton menekan tombol klik. Saat membuat video, Anda bisa menggunakan teknologi IT, supaya hasil video lebih jernih dan lebih indah. Beberapa video populer dan banyak dikunjungi adalah video tutorial, video kocak, dan rekaman karya pribadi.

Sebenarnya masih banyak lagi ide peluang usaha jika dibahas lebih rinci. Semoga artikel ini bisa memberikan pencerahan bagi Anda yang masih bingung mau berbisnis apa. Segera bulatkan niat dan tekad, survei target pasar yang sesuai dengan passion Anda, persiapkan yang berhubungan dengannya. Jika sudah menyiapkan semua hal tersebut, maka langkah selanjutnya adalah aksi nyata.






Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Proposal Usaha

LOGO Pop Ice Pelangi

PENGERTIAN KEMASAN